Sistem adalah suatu
jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul
bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu
sasaran tertentu. Atau kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai
tujuan tertentu. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut sistem harus
di manajemen dengan baik agar menghasilkan hasil yang maksimal. Sistem
Informasi Manajemen sangat dibutuhkan suatu perusahaan agar proses sistem dapat
berjalan dengan baik sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Konsep Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi Manajemen (SIM) adalah serangkaian
sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional
terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat
serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan
sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Menurut beberapa
ahli SIM adalah :
- Robert G. Murdick & Joel E Ross
Proses komunikasi dimana input dan output yang
direkam, disimpan dan diproses untuk pengambialn keputusan, mengenai
perancangan, pengoperasian dan pengendalian.
- Gordon B Davis
Sistem manusia dan mesin yang terpadu untuk
menghasilkan informasi guna mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan
keputusan dalam suatu organisasi.
Dari definisi diatas dapat diuraikan lebih lanjut
bahwa :
- Sistem Informasi Manajemen memiliki sub-sitem informasi. Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub-sistem, dimana sub-sistem tersebut mendukung tercapainya sasaran Sistem Informasi Manajemen dan organisasi sebagian dari sub-sistem berperan hanya dalam satu kegiatan atau lapisan manajemen, sementara yang lainya berperan ganda.
- Sistem Informasi Manajemen di koordinasikan secara terpusat untuk menjamamin bahwa data yang di proses dapat di operasikan secara terencana dan terkoordinasi. Semuanya untuk menjamin bahwa informasi melewati dan menuju sub-sistem yang diperlukan, serta menjamin bahwa sistem informasi bekerja secara efisien.
- Sistem Informasi Manajemen mentransformasikan data kedalam informasi. Apabila data diolah dan berguna bagi manajer untuk tujuan tertentu, maka ia akan menjadi informasi.
- Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan gaya manajer Sistem Informasi Manajemen dikembangkan lewat pengenalan atas sifat dan gaya manajerial dari personil yang akan menggunakannya. Para perancang sistem apabila akan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen hendaknya mempertimbangkan faktor manusiawi dengan cermat. Apabila tidak demikian, maka sistem yang dihasilkan tidak efektif.
Penjelasan
SIM adalah serangkaian sub-sistem informasi yang
menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan
data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan
produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dasar kriteria mutu
yang telah ditetapkan . Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem
berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan
kebutuhan yang sama. Dalam teori SIM, komputer bukan prasyarat mutlak bagi
sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan
kemampuan pemrosesan computer. Bagaimanapun untuk melakukan koordinasi dalam
SIM akan lebih terbantu jika melibatkan computer.
Berbagai perusahaan kini memerlukan SIM. Dengan
pengelolaan SIM yang tepat, tentunya perusahaan berikut akan berkembang. Namun
meskipun telah mengeluarkan biaya yang besar, pengembangan SIM pada suatu
perusahaan tidak berhasil. Oleh karena itu diperlukan evaluasi apa sajakah yang
dapat menyebabkan kegagalan pada pengembangan SIM tersebut.
Sistem Informasi
Manajemen PT. LG Electronic Indonesia
LG Electronics, Inc (LG) adalah pemimpin
global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan
home appliances, mempekerjakan lebih dari 84.000 orang yang bekerja di 112
operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. Pada tahun 2008,
penjualan secara global mencapai $ 44.7 milyar, LG terdiri dari lima unit
bisnis – Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk
udara dan Business Solutions. LG adalah salah satu terkemuka di dunia produsen
panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci.
Electronics didirikan pada tahun 1958 dan
sejak itu memimpin jalan ke era digital yang maju berkat keahlian teknologi
manufaktur yang diperoleh oleh banyak home appliances seperti radio dan TV. LG
Electronics telah meluncurkan banyak produk baru, diterapkan teknologi baru
dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad 21 dan terus memperkuat
statusnya sebagai perusahaan global.
Sistem Informasi Manajemen PT. LG Electronic Indonesia
dalam Mengendalikan Inventori.
PT. LG Electronics
Indonesia memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat
diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics Indonesia yang berada di seluruh
Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau
dapat disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi
dapat menggunakan portal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses
tersebut berupa e-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electronics
Indonesia. Sehingga dengan log in menggunakan e-mail tersebut ke dalam portal
ini seluruh pegawai akan mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai
data-data perusahaan. Namun, portal dan e-mail ini hanya dapat diakses di
lingkungan perusahaan saja.
Yang dibahas dalam
bagian ini adalah suatu system yang digunakan oleh PT. LG Electronics Indonesia
dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan. System tersebut
dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS.
Sistem ini berfungsi untuk :
Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang
perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi ekspedisi yang digunakan dalam
pengiriman, barang-barang apa saja yang dikirim dan kapan waktu keberangkatan
dan kedatangan barang setelah sampai di tujuan.
Membuat jadwal-jadwal pengiriman barang dari pusat ke
cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi zona tujuan, rute perjalanan dan
no truk yang digunakan untuk melakukan pengiriman.
Mendapatkan informasi mengenai jumlah persediaan
barang yang tersedia di gudang perusahaan baik gudang pusat maupun cabang.
Mengetahui apakah adanya pengembalian barang yang
telah dikirim dikarenakan adanya barang yang tidak laku terjual ataupun barang yang telah rusak/cacat.
Mengetahui berapa nilai barang yang telah dikirim atau
diterima termasuk biaya loading barang ke gudang dan biaya tambahan lainnya.
Sistem ini terdiri dari beberapa subsistem yang
memiliki fungsi berbeda berdasarkan tujuan penggunaan data, antara lain :
- Delivery
Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk membuat
jadwal pengiriman barang, untuk mengkonfirmasi pengiriman barang, untuk
mengalokasikan truk yang digunakan untuk pengiriman barang, untuk mengetahui
status pengiriman barang dan untuk mengetahui apakah ada pengiriman yang
tertunda atau keterlambatan atas pengiriman barang.
- Cost
Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk me-manage
berbagai faktor-faktor pengiriman (biaya-biaya lain, kondisi barang, wilayah
tujuan, tarif yang digunakan), untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan
selama pengiriman, untuk me-manage pengiriman barang termasuk biaya-biaya atas
pengiriman tersebut.
- Stock
Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui
status penerimaan barang, perhitungan fisik persediaan barang di gudang dan
status persediaan barang.
- Return
Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui
ada atau tidaknya pengembalian barang yang tidak laku terjual dan rusak/cacat.
Dampak dari Penerapan Sistem Informasi Manajemen
Dengan adanya system
GDLS ini, seluruh pegawai PT. LG Electronics Indonesia dapat mengetahui
bagaimana kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun
cabang. Begitu pula, apabila terjadi masalah atau kesalahan yang berhubungan
dengan inventori sehingga dapat segera diatasi langsung oleh pegawai yang
berwenang. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas biaya dan
kinerja perusahaan.
Perbandingan
pada PT. Samsung Group
Hampir
mirip dengan sistem informasi yang ada pada di PT. LG Electronics Indonesia
tetapi PT. Samsung Group memiliki kelebihannya tersendiri dalam dalam nilai
& filosofi sederhana yang dia punya.seringnya membuat inovasi – inovasi memperluas
jaringan penelitian dan pengembangan hingga ke enam negara termasuk Amerika
serikat, Rusia, Israel,India,Jepang, Cina serta pusat perguruan tinggi lainnya.
Cara
yang paling penting yang Samsung gunakan untuk merespon lingkungan bisnis yang
sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif diberikan melalui komitmen
pada R&D. Setiap tahun mereka menginvestasikan paling sedikit 9% dari
pendapatan penjualan pada aktivitas R&D. Samsung memiliki komitmen pada
standarisasi teknologi terdepan dan memperoleh berbagai hak cipta.
Samsung terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menerapkan standar baru
dalam berbagai bisnis, dari elektronik hingga layanan finansial, dari bahan
kimia dan industri alat berat hingga perdagangan dan layanan lain. Semua
berbagi komitmen untuk menciptakan produk dan layanan berkualitas tinggi yang
inovatif, yang diandalkan oleh jutaan orang dan bisnis di seluruh dunia setiap
harinya.
Kesimpulan
- Sistem Informasi Manajemen adalah adalah serangkaian sub sistem informasi berbasis komputer yang menyeluruh dan terkoordinasi, sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas, yang kegiatannya meliputi perencanaan, kemudian diimplementasikan, melakukan pengendalian, dan tentunya juga dilakukan pengambilan keputusan.
- SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
- Banyak perusahaan/ organisasi yang gagal karena disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya perencanaan, kurangnya personil handal serta perlunya perbaikan pada sistem lama.
- Ada beberapa hal yang dapat dijadikan indikator pengembangan SIM, seperti keluhan pelanggan, pembayaran gaji yang terlambat, dll.
http://www.samsung.com/id
This entry was posted
on Rabu, 06 November 2013
at 01.52
. You can follow any responses to this entry through the
comments feed
.