Blogger news

Artikel Singkat tentang Psi.Kesehatan Mental  

Posted by Andi Alief HS

Istilah Kesehatan Mental diambil dari konsep mental hygiene, kata mental berasal dari bahasa Yunani yang berarti Kejiwaan. Kata mental memilki persamaan makna dengan kata Psyhe yang berasal dari bahasa latin yang berarti Psikis atau Jiwa, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mental hygiene berarti mental yang sehat atau kesehatan mental.
Kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari keluhan dan gangguan mental baik berupa neurosis maupun psikosis (penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial). Kesehatan mental seseorang sangat erat kaitannya dengan tuntutan-tuntutan masyarakat tempat ia hidup, masalah-masalah hidup yang dialami, peran sosial dan pencapaian-pencapaian sosialnya.
Menurut sejarah,pada pertengahan abad ke-19, William Sweetzer adalah orang pertama yang jelas mendefinisikan "kesehatan mental" istilah, yang dapat dipandang sebagai pendahulu untuk pendekatan kontemporer untuk bekerja pada mempromosikan kesehatan mental yang positif.Isaac Ray , salah satu pendiri tiga belas dari American Psychiatric Association , ditetapkan lebih lanjut kesehatan mental sebagai seni untuk menjaga pikiran terhadap insiden dan pengaruh yang akan menghambat atau menghancurkan energi, kualitas atau pengembangan.
Tokoh penting pada "kesehatan mental", akan Dorothea Dix (1802-1887), seorang guru sekolah, yang berkampanye seluruh hidupnya untuk membantu mereka yang menderita dari penyakit mental, dan untuk membawa ke cahaya kondisi menyedihkan yang mereka dimasukkan itu masuk kini dikenal sebagai "gerakan kebersihan mental".Sebelum gerakan ini, tidak jarang bahwa orang yang terkena penyakit mental di abad 19 akan jauh diabaikan, sering ditinggalkan sendirian di menyedihkan kondisi, bahkan nyaris tak memiliki pakaian yang cukup. upaya Dix yang begitu besar bahwa ada peningkatan jumlah pasien di fasilitas kesehatan mental, yang sayangnya mengakibatkan pasien ini menerima sedikit perhatian dan perawatan, karena lembaga-lembaga sebagian besar kekurangan.
Pada awal abad 20, Clifford Beers mendirikan Komite Nasional untuk Kesehatan Mental dan membuka rawat jalan kesehatan mental pertama klinik di Amerika Serikat .Gerakan kebersihan mental, juga dikenal sebagai gerakan kebersihan sosial , harus di kali dikaitkan dengan advokasi eugenika dan sterilisasi dari mereka dianggap terlalu menderita defisiensi mental untuk dibantu dalam pekerjaan produktif dan kehidupan keluarga puas.
Kesehatan mental menggambarkan tingkat psikologis kesejahteraan , atau adanya gangguan mental .Dari perspektif ' psikologi positif 'atau' holisme ', kesehatan mental meliputi kemampuan individu untuk menikmati hidup, dan menciptakan keseimbangan antara kegiatan hidup dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis .Kesehatan mental juga dapat didefinisikan sebagai ekspresi emosi, dan sebagai penanda adaptasi yang sukses dengan berbagai tuntutan.
The World Health Organization mendefinisikan kesehatan mental sebagai "keadaan kesejahteraan di mana individu menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan yang normal dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan baik, dan mampu memberikan kontribusi untuk nya atau komunitasnya ". Hal ini sebelumnya menyatakan bahwa tidak ada satu "resmi" definisi kesehatan mental.Perbedaan budaya, penilaian subjektif, dan teori profesional bersaing semua mempengaruhi bagaimana "kesehatan mental" didefinisikan. Ada berbagai jenis masalah kesehatan mental, beberapa yang umum, seperti depresi dan gangguan kecemasan , dan beberapa tidak begitu umum , seperti skizofrenia dan gangguan bipolar .Baru-baru ini, bidang Kesehatan Mental global telah muncul, yang telah didefinisikan sebagai 'bidang studi, penelitian dan praktek yang menempatkan prioritas pada peningkatan kesehatan mental dan mencapai kesetaraan dalam kesehatan mental untuk semua orang di seluruh dunia.
sumber : wikipedia.org. http://blogkesehatanmental.wordpress.com

This entry was posted on Selasa, 20 Maret 2012 at 06.15 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar